Kapan Harus Mengganti Kampas Rem Mobil

Kapan Harus Mengganti Kampas Rem Mobil

Kapan Harus Mengganti Kampas Rem Mobil,Bagi semua pemilik mobil tentu paham akan pentingnya kampas rem mobil. Sebab, komponen mobil satu ini sifatnya sangat krusial karena berkaitan erat dengan sistem pengereman mobil. Tentunya, untuk bisa mendapatkan fungsinya secara maksimal, kampas rem mobil baik bagian belakang mau depan harus selalu dalam kedaan prima. Dengan begitu kamu bisa menghindari risiko kecelakaan yang sering terjad karena kampas rem d mobil yang sudah habis.yang telah kita rangkum dalam Istanbuldasanat

yang disupport oleh IDN Poker Versi Lama

Keberadaan kampas rem akan menentukan keamanan dan kenyamanan mobil, sehingga wajar jika kita memberikan perhatian secara lebih pada komponen ini. Terutama bagi kamu yang sering melintasi jalanan dengan medan yang sulit seperti tanjakan dan turunan, maka kamu perlu sering mengganti kampas rem karena mudah aus. Nah, agar kamu tidak lagi terlambat menggantinya, simak pembahasan lengkap dari Qoala berikut ini tentang kampas rem, dari fungsi, tanda-tanda segera dganti, dan juga biayanya.

Fungsi Kampas Rem Mobil

Apakah kamu sudah tahu apa fungsi kampas rem pada mobil? Tentu saja, fungsi utama kampas rem adalah untuk pengereman. Kampas rem akan menekan piringan cakram yang berputar mengikuti putaran ban pada mobil, sehingga peran kampas rem sangat vital. Maka dari itu, sangat dsarankan untuk memilih kampas rem dengan kualitas dan bahan terbaik serta produk yang original.

1. Membantu Mengatur Proses Pengereman

Seperti yang sudah dsebutkan d atas, kampas rem memiliki fungsi utama untuk mengatur laju roda atau ban pada kendaraan, baik motor maupun mobil. Kampas rem memiliki lapisan amplas yang berfungsi untuk mengatur sistem pengereman, dan sudah pasti terlibat pada saat mobil melaju, hendak berhenti, dan juga berbelok.

Oleh karena itu, kampas rem juga memengaruhi kecepatan laju mobil agar lebih mudah dkendalikan. Jika kampas rem tidak terseda atau tidak dalam keadaan baik, kamu akan sulit mengontrol laju mobil dan kemungkinan besar tidak bisa dhentikan. Dengan begitu, komponen ini berperan untuk membantu meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengemud dan juga penumpang selama berkendara.

2. Mempermudah Melintasi Jalanan Menurun dan Menanjak

Jalanan tidak akan selalu mulus dan datar, terkadang jalan juga bisa tidak dalam kondsi ideal seperti berlubang, menurun atau menanjak curam. Tentunya kondsi jalanan ini membuatmu tidak nyaman dan bahkan berisiko menyebabkan terjadnya kecelakaan. Selama kamu terus rutin memeriksa dan juga mengganti kampas rem secara berkala, maka tidak perlu cemas atau mengkhawatirkan kondsi medan jalanan apapun. Sebab dengan kondsi kampas rem yang prima, sudah pasti mobil yang kamu kendarai akan mendapatkan sistem pengeraman yang bisa dandalkan untuk mengatur laju kecepatan mobil lebih mudah.

3. Berguna Saat Pengereman Mendadak

Ada banyak situasi d mana kamu harus mengerem atau menghentikan mobil secara mendadak, misalnya seperti orang yang tiba-tiba menyeberang jalan atau kendaraan d depanmu berhenti mendadak. Jika kamu tidak mengeremnya, bisa saja terjad tabrakan ataupun kecelakaan yang tentunya berbahaya untuk keselamatan.

Oleh karena itu, kamu harus rutin mengganti komponen vital satu ini. Sebaiknya jangan sampai terlambat karena kampas rem mobil memgang kendali sistem pengereman pada mobil yang kamu kendarai, apalagi jika mobil tersebut kamu kendarai setiap hari.

Ciri-ciri Kampas Rem Mobil Harus Dganti

kampas rem mobil
Sumber Foto: CC7 via. Shutterstock

Kalau kampas rem sudah aus dan habis, maka kamu perlu segera menggantinya. Untuk ganti kampas rem, baik pada motor maupun mobil, bisa dketahui dari berapa jumlah km yang tertera d speedometer. Secara umum, kampas rem pada mobil dapat bertahan hingga jarak tempuh 40.000 kilometer. Namun d beberapa jenis mobil dengan transmisi manual, kampas rem bisa bertahan hingga mencapai 70.000 kilometer.

Meskipun begitu, jika sering melalui kondsi jalan menanjak atau turun dan juga sering melakukan pengereman, maka waktu untuk mengganti kampas rem akan lebih cepat. Sebab ketika rem sering diinjak, berarti kampas rem akan bekerja ekstra dan lebih cepat habis. Oleh karena itu, kamu harus mengenali ciri kampas rem mobil yang perlu dganti secepatnya, seperti berikut ini:

1. Pijakan Rem Mobil Semakin Dalam Tanda Kampas Rem Harus Diganti

Saat kamu menginjak pedal rem, ternyata pijakannya semakin dalam dan kekuatan mengerem pun tidak pakem, itu berarti kinerja pengeraman mobil kamu sudah berkurang akibat kampas rem yang sudah tipis. Rem mobil memiliki sistem pegas pengembali, jadi sejauh apapun piston mobil bergerak, pasti akan kembali ke posisi semula secara otomatis.

Jadi, kalau kampas rem masih tebal, maka pergerakan piston hanya perlu sedkit saja. Tapi kalau sudah tipis atau bahkan habis, maka piston harus bergerak lebih jauh agar rem dapat tertekan. Kalau kamu mengalami kondsi ini pada mobilmu, sebaiknya jangan dgunakan terlebih dahulu dan segera cek ke bengkel terdekat untuk memastikan maupun mengganti kampas rem.

2. Rem Terasa Bergetar Saat Diinjak Pada Kecepatan Tinggi

Apakah rem mobil kamu terasa bergetar saat diinjak? Jika ya, kemungkinan besar kampas rem pada kendaraan kamu sudah tipis atau habis. Sebab pedal rem yang bergetar ini dsebabkan oleh permukaan kampas yang tidak lagi rata. Pada akhirnya piringan cakram rem tidak akan mampu mencengkeram dengan sempurna dan hasilnya menimbulkan getaran yang bisa kamu rasakan saat menginjak pedal rem.

Terkadang hal ini juga bisa menimbulkan masalah lainnya, seperti getaran yang tidak hanya terasa d pedal rem saja namun juga sampai ke setir mobil terutama jika kondsinya sudah sangat buruk, yang tentu saja akan membuatmu tidak nyaman saat menyetir.

3. Terdengar Suara Gesekan Logam Saat Rem Diinjak

Sering mendengar bunyi decit saat menginjak pedal rem bisa mengindkasikan kampas rem yang sudah semakin menipis atau habis. Berarti, kamu harus segera mengganti kampas rem dengan yang baru. Bunyi berdecit dtimbulkan karena gesekan logam atau besi pada cakram rem yang sudah tidak dlapisi dengan kampas rem, sehingga hanya meninggalkan bagian besinya saja.

Comments are closed.