Kerajinan Tangan dari Kepulauan Riau dan Penjelasannya

Kerajinan Tangan dari Kepulauan Riau dan Penjelasannya

Kerajinan Tangan dari Kepulauan Riau dan Penjelasannya.Keindahan alam dan juga berbagai seni kerajinan tangan khas Riau yang sangat indah dan juga unik menjadikan Kepulauan Riau sebagai salah satu destinasi wisata yang banyak dilirik oleh berbagai wisatan baik lokal maupun luar negeri. yang telah kita rangkum dalam Istanbuldasanat

yang disupport oleh IDN Poker Versi Lama

Berikut ini beberapa kerajinan khas Kepulauan Riau yang wajib dketahui:

1.Kerajinan Anyaman Riau

Kerajinan tangan dari Riau sangat terkenal bukan hanya d Indonesia tetai samai keluar negeri. Kerajinan anyam dari Riau ini sejatinya sudah dkenal sejak lama. Bahkan sejak masa kerajaan Riau yang pertama, kerajinan anyaman ini sudah dkenal.

Dalam perkembangannya, kerajinan ini dturunkan secara turun temurun dari tiap generasi hingga sekarang. i Riau, untuk masalah anyaman, terdapat beberapa jenis anyaman. Jenis-jenis anyaman itu antara lain;

  • Pandan.
  • Bambu.
  • Rotan.

Kerajinan anyaman ini awalnya digunakan sebagai peralatan untuk upacara-upacara adat untuk acara tertentu. Akan tetapi, seiring berkembangnya zaman, kerajinan tangan itu kini menjadi sebuah komoditi yang membantu ekonomi beberapa kelompok masyarakat di Riau. pakaian adat kepulauan riau bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

2. Kerajinan Tekat Riau

Sebagian orang yang tidak berasal dari Riau mungkin tidak tahu dengan kerajinan tangan bernama Tekat ini. Tekat adalah salah satu kerajinan tangan dari Riau yang sangat indah.

Tekat merupakan kerajinan yang dimana ia merekatkan atau menyulam benang emas pada sebuah bidang kain yang lain yang telah diberi motif. Benang ini dijahit dengan media pemidangan. Kerajinan ini cara membuatnya mirip dengan orang-orang yang menyulam. seni tamadun melayu khas riau bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

3. Kerajinan Songket Riau

Kain Songket khas Riau ini sangat terkenal dan banyak peminatnya. Hal ini karena pada songket Riau terdapat motif-motif yang sangat khas dan tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Kata Songket berasal dari kata sungkit yang artinya adalah mencungkil. Berdasarkan sejarahnya, songket dbawa pertama kali oleh seorang pengrajin yang berasal dari kerajaan Trengganu.

 

Pada zaman dahulu, setiap pembuatan kain songket selalu menggunakan sutra dan untuk membuat motifnya menggunakan benang emas dan perak.

Akan tetapi, sekarang hal itu drasa terlalu mahal, maka orang-orang menggunakan bahan-bahan yang lebih sederhana akan tetapi tidak meninggalkan kualitas dan keindahan kain songket dari Riau tersebut.

Riau terkenal dengan motif-motif songket yang khas. Beberapa d antaranya adalah motif kuntum bunga, siku awan, siku tunggal, daun tunggal, mata panah, dan tabir bintang.

4. Tudung Manto

Tudung Manto adalah cinderamata khas yang terkenal d Lingga, salah satu kabupaten d Kepulauan Riau. Bagi masyarakat Lingga dan wilayah-wilayah yang masih dalam cakupan Kepulauan Riau, hasil kerajinan- kerajinan tangan ini sudah sangat melekat karena telah d buat sejak tahun 1755.

Tudung Manto ini pada hakekatnya berfungsi sebagai penutup kepala bagi kaum perempuan yang telah bersuami dan pakai pada acara-acara tertentu seperti kenduri perkawinan serta kegiatan-kegiatan adat dan budaya.

Proses pembuatannya, dlakukan melalui jahitan tangan para ibu-ibu pengrajin dan memakan waktu dua pekan hingga satu bulan untuk menyiapkannya.

5. Batik Gong Gong

Batik Gong Gong adalah salah satu batik yang sangat terkenal dKepulauan Riau, khususnya d Kota Tanjung Pinag. yang motif dan namanya dadopsi dari makanan khas Kepulauan Riau ini, kini telah sah jad batiknya kota Tanjung Pinang, setelah ddaftarkan hak ciptanya olaeh Kementrian Hukum dan HAM.

Sejak itu pula, batik Gong Gong tidak hanya dkenel d Kepulauan Riau tetapi juga seudah meluas sampai ke mancanegara. Sample batik Ging Gong bahkan telah dabaikan d Museum Tekstil d Jakarta.

  6. Kain Cual

Kain Cual adalah kain tenunan asli Kepulauan Anamabas. ini, dari catatan sejarah daerah dsebutkan, pertama kali dbuat pada tahun 1863, dtenun oleh Hj. Halimah, asal Kampung teluk Encau, sekarang merupakan bagian dari kecamatan Siantan Timur.

Saat ini, kain cual telah memiliki Lima motif khas, yakni Bunga Pucuk Rebung, tudung Saji, Sampan Layar, Bulan Purnama dan Padang Terbakar. anda, kalau ingin mendapat kain cual ini sbagai buah tangan, bisa mendatangi kantor Dekranasda Kabupaten Anambas yang berada d depan gedung DPRD Kabupaten Anambas d Kota Tarempa.Hargnya bervariasi, tergantung pada jenis kain dan motif yang dpilih.

 

Demikian adalah beberapa kerajinan tangan asal Riau yang memiliki ciri dan keunikan tersendri. Setiap wilayah d Indonesia memiliki kekayaan budaya dan juga seni kerajinan tangan yang patut untuk dbanggakan.

Comments are closed.