Pecinta Seni Wajib Mengunjungi Kota Seni Keramik di Jepang

Pecinta Seni Wajib Mengunjungi Kota Seni Keramik di Jepang

Pecinta Seni Wajib Mengunjungi Kota Seni Keramik di Jepang

Pecinta Seni Wajib Mengunjungi Kota Seni Keramik di Jepang – Seni Keramik  adalah cabang seni rupa yang mengolah material keramik untuk membuat karya seni dari yang bersifat tradisional sampai kontemporer. Selain itu di bedakan pula kegiatan kriya keramik berdasarkan prinsip fungsionalitas dan produksinya. Venus of Dolni Vestonice adalah karya keramik tertua yang pernah ditemukan.

Dikenal sebagai salah satu negara produsen keramik terbaik di dunia, Jepang mampu memproduksi berbagai varian dan gaya keramik yang berbeda sesuai dengan karakteristik dan keadaan alam pada setiap wilayah di Jepang.

Nah, bila kamu tertarik untuk mempelajari lebih dalam mengenai kerajinan keramik di Jepang, maka kamu bisa mengunjungi beberapa idn poker android kota yang terkenal akan produksi keramik yang menarik dan mampu memasukkan unsur budaya Jepang di dalamnya. Yuk, lihat apa saja!

1. Mashiko
5 Kota Keramik di Jepang yang Wajib Dikunjungi oleh Pencinta Seni

Kota yang berlokasi di Perfektur Tochigi ini hanya berjarak 2,5 jam dari utara Tokyo yang dapat kamu tempuh menggunakan kereta api, di mana kota Mashiko dikenal sebagai sebuah kota yang mampu menghasilkan berbagai pencapaian dan karya kreatif, seperti tembikar, lukisan, kerajinan tradisional, dan keramik.

Selain kamu dapat mengunjungi museum tembikar, kamu juga memiliki kesempatan untuk merasakan berbagai pengalaman lokal selama berada di Mashiko, seperti melihat pengerjaan keramik oleh seniman di tempat kerja, membeli pot buatan lokal, dan mengikuti kelas tutorial singkat mengenai cara pembuatan tembikar keramik.

2. Inbe
5 Kota Keramik di Jepang yang Wajib Dikunjungi oleh Pencinta Seni

Bila kamu tertarik untuk berkunjung ke Perfektur Okayama, maka kamu dapat memasukkan Inbe dalam daftar perjalanan kamu. Inbe merupakan sebuah desa kecil yang mampu menghasilkan jenis tembikar unik yang dikenal dengan nama Bizen-ware ataupun Bizen-yaki.

Nah, Inbe juga dikenal sebagai sebuah desa dengan gaya keramik yang memiliki tampilan bertekstur, di mana keramik tersebut terbuat dari bahan tanah liat yang sangat kasar, memiliki kandungan besi dalam jumlah yang besar, ataupun kombinasi dari tanah liat yang berbeda dengan kepadatan yang berbeda.

3. Kanazawa
5 Kota Keramik di Jepang yang Wajib Dikunjungi oleh Pencinta Seni

Sebagai salah satu lokasi wisata yang terpopuler akan kebudayaan tradisional dan pemandangan alam yang mempesona, Kanazawa juga mampu memiliki dan menawarkan sejarah dari keramik yang mampu menarik perhatian wisatawan lokal dan mancanegara.

Salah satu produk keramik yang dihasilkan oleh Kanazawa adalah porselen Kutani yang dibuat pada abad ke-17 di Desa Kutani, di mana porselen ini memiliki perpaduan warna merah, kuning, hijau, ungu, dan biru tua yang diaplikasikan secara tebal dan dilapisi oleh lapisan emas, lho.

4. Shigaraki
5 Kota Keramik di Jepang yang Wajib Dikunjungi oleh Pencinta Seni

Berlokasi di Perfektur Shiga, Kota Shigaraki dikenal sebagai sebuah kota yang mampu menghasilkan perunggu dan keramik berwarna kecoklatan. Hasil produk tersebut dibuat menggunakan tanah liat yang dipanggang hingga berubah warna menjadi kemerahan dan dihiasi dengan warna kehijauan yang menarik.

Sebagai salah satu lokasi dari 6 pembakaran kuno di Jepang, Shigaraki juga masih aktif dalam melakukan proses produksi keramik, seperti vas bunga, peralatan makan, furnitur taman dan ornamen dekoratif yang seringkali digunakan pada restoran ataupun bisnis lokal di Jepang.

5. Izushi
5 Kota Keramik di Jepang yang Wajib Dikunjungi oleh Pencinta Seni

Kota yang dapat ditempuh dalam 3 jam perjalanan dari barat laut Kyoto ini menawarkan unsur sejarah dan budaya yang menarik untuk dikunjungi, di mana Izushi mampu menghasilkan berbagai potongan keramik berwarna putih dengan tekstur yang sangat halus.

Nah, Izushi juga menyediakan kelas bagi para wisatawan sehingga pengunjung memiliki kesempatan untuk mempelajari lebih dalam mengenai cara pembuatan tembikar dan unsur budaya Jepang sambil menikmati suasana kuno dan tenang yang dimiliki oleh kota keramik ini.

Seni keramik menjadi salah satu unsur budaya yang dilestarikan dan dikembangkan di berbagai wilayah Jepang, di mana setiap wilayah mampu memasukkan karakteristik dan gaya pembuatan yang berbeda sehingga mampu menghasilkan keramik dengan kualitas terbaik, serta mampu menarik perhatian wisatawan lokal dan mancanegara, lho.

Keramik dari awal sangat populer dengan fungsinya sebagai benda dekoratif. Hal ini bisa diketahui daripeninggalan Republik Venisia pada tahun 400an. Dicatat pula bahwa produksi massal dimulai pada abad 17 di Nove and Bassano del Grappa. Ashura adalah perusahan terpenting di daerah tersebut.

Comments are closed.